Kamis, 19 Mei 2011

Assalamua’alaikum wr wb

Bapak pengasuh rubrik yang terhormat, Saya mau bertanya pada bapak, akhir-akhir ini komputer saya sering hang sendiri, tiba-tiba saja sewaktu bekerja, komputer jadi tak bergeming, diam saja, mouse tidak mau digerakkan serta keyboard tidak berfungsi.  Mohon bantuan Bapak, kira-kira apa penyebabnya sehingga computer saya menjadi seperti itu, padahal sebelumnya aman-aman saja dan mohon solusinya. Atas pencerahan dari Bapak saya ucapkan terima kasih banyak (MAN)

Jawaban :

Waalaikumussalam wr wb.

Rekan Man, memang komputer bukanlah perangkat yang aman-aman saja. Seperti perangkat elektronik lainnya, kemungkinan muncul masalah itu akan selalu ada. Komputer tiba-tiba hang, atau sering hang, bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya :

1.    Memory Rusak.
Memory atau RAM akan menjadi penyebab utama munculnya hang, jika kondisi memory komputer anda sudah rusak atau kurang baik. Untuk mengetahui memory rusak, anda harus melakukan uji coba dengan cara menukar posisinya jika terdapat dua slot memory atau lebih, atau ganti dengan memory yang baru. Pastikan anda telah memasang slot memory dengan baik dan benar. Jika pemasangan memory tidak tepat, maka hang dan restart sendiri akan terjadi pada komputer anda, bahkan bisa muncul suara beep yang menandakan memory anda bermasalah.

2.    Kapasitas Memory Tidak Memadai
Kapasitas memory komputer anda ternyata tidak mampu lagi memenuhi kebutuhan software yang install, hal ini terjadi biasanya anda menginstall software-software yang membutuhkan memory besar, seperti software games, software pengolah video dan image. Oleh karena itu, sebelum anda menginstal software yang baru, harap di cek terlebih kebutuhan memory untuk menjalankan software tersebut. Jika ternyata software tersebut membutuhkan memory 512 MB misalnya, sedangkan computer anda hanya memiliki kapasitas memory dibawah ukurn tersebut atau sama, maka bersiap-siaplah untuk menerima kenyataan, komputer anda akan sering hang.

3.    Prosesor Kepanasan
Penyebab lain dari hangnya computer adalah karena prosesor kepanasan, hal ini terjadi karena kurangnya heatsink pendingin di sekitar prosesor atau sirkulasi udara dalam casing unit tidak baik, sementara prosesor bekerja terus menerus, sehingga akhirnya komputer jadi hang. Solusinya anda harus menambahkan kipas angin tambahan di sekitar prosesor untuk membantu mendinginkan prosesor serta melancarkan sirkulasi udara dalam casing unit.

4.    Virus

Virus juga salah satu penyebab terjadinya hang pada computer anda. Jika ini terjadi, solusi yang tepat adalah melakukan scan pada computer anda menggunakan antivirus yang tepat dan yang telah di update.

Demikian jawaban saya, semoga membantu.

Salam
Solit Man

Tidak ada komentar:

Posting Komentar