Kamis, 19 Mei 2011

Merangkai bagian-bagian computer

Setelah Anda mengetahui bagian-bagian penting pada kotak CPU, kini Anda dapat merangkai bagian-bagian komputer satu persatu.
Sebelum memasangnya, Anda perlu memastikan bahwa:
* semua hardware komputer telah disiapkan dan tersusun secara baik letaknya.
* tegangan listrik mencukupi dan stabil.
* peralatan listrik dan kabel dalam keadaan baik dan aman untuk digunakan.

Sebelum semua kabel dihubungkan, susunlah peralatan computer sedemikian rupa sehingga letaknya nyaman.Bila perlu, gunakan meja komputer yang didesain secara khusus.Jika semua sudah siap, kini saatnya menghubungkan berbagai peralatan ke port yang sesuai.

Perhatikan langkah-langkah berikut :

* hubungkan mouse ke port PS/2 jika anda menggunakan mouse jenis PS/2 dan CPU anda masih mendukung port PS/2
* hubungkan kabel mouse ke port USB jika mouse Anda menggunakan port USB
* hubungkan keyboard ke port PS/2 jika Anda menggunakan keyboard PS/2, atau
* hubungkan keyboard ke port USB jika Anda menggunakan keyboard USB
* pasanglah kabel monitor ke port ekspansi (VGA) dan kabel daya monitor ke sumber arus listrik
* pasanglah kabel speaker ke audio port (output)
* pasanglah kabel printer ke port USB jika printer Anda menggunakan port USB atau ke port paralel jika printer Anda menggunakan port paralel
* hubungkan kabel daya ke colokan power supply dan colokkan ke stop kontakLangkah-langkah di atas adalah prosedur standar .
Jika Anda menggunakan peralatan lain seperti scanner, modem, hardisk eksternal, dan lain-lain, anda harus menghubungkan peralatan-peralatan tersebut melalui kabel dan port yang sesuai.
------------------------------------------------------------------------
Berikut ini, adalah contoh-contoh lain komponen computerPowersupply, Port PS/2, Port USB, Port jaringan, Port serial, Port parallel, Port audio, Port ekspansi, Merangkai bagian-bagian computer
------------------------------------------------------------------------

Port ekspansi

Port ekspansi, yaitu port untuk menambahkan perangkat-perangkat seperti VGA card, TV Tunner, dan Firewire.Pada sisi bagian depan kotak CPU terdapat tombol power, tombol reset dan media drive seperti pembaca disket dan pembaca CD/DVD ROM.


Gambar 1.7 Bagian depan CPU
Adapun bagian-bagiannya adalah:
# - tombol power untuk mengaktifkan komputer
# - tombol reset untuk me-restart atau menyalakan ulang komputer
# - floppy drive 3.5” untuk membaca dan menyimpan data ke disket ukuran kecil
# - front port (port bagian depan) yang terdiri dari port audio dan port USB
# - hard drive LED atau lampu indikator harddisk yang memberi tanda pada saat harddisk bekerja
# - drive CD-ROM untuk membaca CD
# - drive DVD-ROM untuk membaca DVD


------------------------------------------------------------------------
Berikut ini, adalah contoh-contoh lain komponen computer
Powersupply, Port PS/2, Port USB, Port jaringan, Port serial, Port parallel, Port audio, Port ekspansi, Merangkai bagian-bagian computer
------------------------------------------------------------------------


Port audio



Gambar : Port audio
Port audio, yaitu port untuk menghubungkan microphone, speaker, dan peralatan audio lainnya.

------------------------------------------------------------------------
Berikut ini, adalah contoh-contoh lain komponen computer
Powersupply, Port PS/2, Port USB, Port jaringan, Port serial, Port parallel, Port audio, Port ekspansi, Merangkai bagian-bagian computer
------------------------------------------------------------------------


Port paralel



Gambar 1.6 Port parallel
Port paralel, yaitu port yang terdiri dari 25 pin yang dapat digunakan untuk menghubungkan printer, joystick, scanner dan peralatan lain .
------------------------------------------------------------------------
Berikut ini, adalah contoh-contoh lain komponen computer
Powersupply, Port PS/2, Port USB, Port jaringan, Port serial, Port parallel, Port audio, Port ekspansi, Merangkai bagian-bagian computer
------------------------------------------------------------------------


Port serial



Gambar 1.5 Port serial
Port serial, yaitu port yang terdiri dari 9 pin dan biasanya digunakan untuk menghubungkan modem eksternal yang sama-sama menggunakan port serial .
------------------------------------------------------------------------
Berikut ini, adalah contoh-contoh lain komponen computer
Powersupply, Port PS/2, Port USB, Port jaringan, Port serial, Port parallel, Port audio, Port ekspansi, Merangkai bagian-bagian computer
------------------------------------------------------------------------


Port jaringan



Gambar 1.4 Port jaringan RJ-11 dan RJ-45
Port jaringan, yaitu port yang berfungsi menghubungkan komputer ke jaringan computer .

Ada dua jenis port jaringan yang biasanya terpasang pada komputer, yaitu : port jaringan RJ-45 dan port modem RJ-11.
------------------------------------------------------------------------
Berikut ini, adalah contoh-contoh lain komponen computer
Powersupply, Port PS/2, Port USB, Port jaringan, Port serial, Port parallel, Port audio, Port ekspansi, Merangkai bagian-bagian computer
------------------------------------------------------------------------

Sabtu, 16 Oktober 2010


Port USB



Gambar 1.3 Port USB pada komputer laptop
Port USB (Universal Serial Bus), yaitu port universal yang dapat menghubungkan berbagai peralatan ke komputer
Dewasa ini, port USB merupakan port yang banyak terdapat dalam sistem komputer
Perangkat yang dapat dihubungkan ke komputer melalui port USB antara lain mouse, keyboard, printer, flashdisk, handphone, PDA, scanner, dan modem .
------------------------------------------------------------------------
Berikut ini, adalah contoh-contoh lain komponen computer
Powersupply, Port PS/2, Port USB, Port jaringan, Port serial, Port parallel, Port audio, Port ekspansi, Merangkai bagian-bagian computer
------------------------------------------------------------------------


Port PS/2


Gambar 1.2 Port PS/2.Port warna hijau (atas) digunakan untuk mouse dan warna ungu (bawah) untuk keyboard
Port PS/2 (Personal System/2), yaitu port untuk menghubungkan mouse dan keyboard.Pada komputer-komputer seri terbaru, port PS/2 sudah mulai diganti dengan port USB.
------------------------------------------------------------------------
Berikut ini, adalah contoh-contoh lain komponen computer
Powersupply, Port PS/2, Port USB, Port jaringan, Port serial, Port parallel, Port audio, Port ekspansi, Merangkai bagian-bagian computer
------------------------------------------------------------------------

Kamis, 14 Oktober 2010


Satelit

Jaringan telekomunikasi menggunakan satelit sangat tepat untuk menjangkau wilayah-wilayah yang sulit dicapai oleh jaringan kabel maupun jaringan wireless konvensional
Selain itu, komunikasi satelit dapat dipilih untuk menjangkau area geografis yang lebih luas
Salah satu contoh jaringan telekomunikasi menggunakan satelit adalah VSAT
Komunikasi dengan VSAT terjamin keamanannya dan cepat
Sistem ini jauh lebih sulit disadap dibanding dengan komunikasi radio maupun komunikasi menggunakan kabel

Gambar 2.48 Jaringan VSAT
Keuntungan pemakaian VSAT adalah:
# - kecepatan transfernya tinggi
# - jaringan akses langsung ke router ISP dengan keandalan mendekati 100%
Sistem VSAT banyak diterapkan pada mesin-mesin ATM (Automatic Teller Machine), televisi berlangganan, dan telepon satelit

Wireless


Gambar 2.47 Wireless LAN
Jaringan wireless atau sering disebut WLAN (Wireless Local Area Network) adalah jaringan computer yang menggunakan gelombang radio, sinar inframerah (IR) atau sinar laser sebagai medium.
Karena tidak memerlukan kabel, jaringan wireless sangatlah praktis digunakan
Sinar inframerah banyak digunakan untuk komunikasi tanpa kabel jarak dekat
Sistem yang menggunakan sinar inframerah mudah dibuat dan relatif murah harganya.
Hanya saja, sinar inframerah memiliki keterbatasan karena tidak mampu menembus tembok atau benda gelap.
Contoh paling sederhana penggunaan sinar inframerah adalah remote control televisi.
Pada alat komunikasi, sinar inframerah juga digunakan sebagai media pertukaran antar telepon seluler.
Gelombang radio, frekuensi radio atau RF (radio frequency) dalam jaringan tanpa kabel yang lebih luas.
Teknologi ini juga diterapkan pada siaran radio, televisi, telepon cordless/wireless, dan Internet.

Jaringan komputer berdasarkan media transmisi

Media transmisi adalah media penghantar data yang dapat berupa kabel atau gelombang elektromagnet.
Secara fisik, ada tiga jenis media penghantar data, yaitu ; kabel, - gelombang elektromagnetik (wireless), dan satelit
KABEL

Jenis kabel yang digunakan dalam jaringan komputer antara lain adalah:
A. kabel UTP (Unshielded Twisted Pair)
B. kabel STP (Shielded Twisted Pair)
C. kabel koaksial
D. kabel fiber optic

Gambar 2.43 Kabel UTP
Kabel UTP merupakan jenis kabel yang paling banyak digunakan untuk membangun jaringan komputer
Kabel ini memiliki 4 bagian dan setiap bagian memiliki 2 serat
Spesifikasi kabel UTP antara lain memiliki jangkauan data maksimal 100 meter, dihubungkan dengan konektor RJ45, memiliki beberapa kategori, yaitu kategori 1, 2, 3, 4, dan 5.

Gambar 2.44 Kabel STP
Kabel STP memiliki ciri-ciri fisik mirip dengan kabel UTP
Hanya saja, kabel ini sangat sensitif terhadap sinyal radio dan listrik
Kabel STP sering digunakan pada topologi token ring

Gambar 2.45 Kabel koaksial
Kabel koaksial adalah kabel yang memiliki satu konduktor tembaga di tengahnya.Lapisan plastik isolator terletak di antara konduktor dan lapisan pengaman serat besi.Lapisan serat besi tersebut membantu menutupi gangguan dari lampu listrik, kendaraan dan computer
Kabel ini rentan terhadap gangguan sinyal-sinyal tertentu
Ada dua tipe kabel koaksial, yaitu; tipe RG-58 yang mampu menjangkau jarak 200 meter dan tipe RG-8yang mampu menjangkau jarak 500 meter.

Gambar 2.46 Kabel fiber optic
Kabel fiber optic atau serat optik mempunyai kemampuan mentransmisikan sinyal melewati jarak yang paling jauh dengan kecepatan paling tinggi
Jangkauan kabel serat optik dapat mencapai 2000 meter

Rabu, 13 Oktober 2010


Topologi mash (web)

Topologi mash atau web sering juga disebut topologi jaring.
Dinamakan mash karena setiap komputer akan terhubung ke setiap komputer yang tersambung.
Pada praktiknya, topologi ini jarang digunakan karena membutuhkan banyak sekali kabel dan sulitnya dikonfigurasi.
Biasanya,model ini hanya diterapkan pada WAN atau Internet (karena itu disebut topologi web).
Keuntungan topologi mash ini adalah memungkinkan komunikasi data melalui banyak jalur sehingga jika salah satu jalur terputus, masih ada jalur lain yang dapat digunakan.
--------------------------------------------------------

Topologi bus atau linier - Topologi ring (cincin) - Topologi star (bintang) - Topologi tree (pohon) - Topologi mash (web)

--------------------------------------------------------

Topologi tree (pohon)


Gambar 2.42 Topologi tree
Jaringan dengan topologi tree merupakan paduan jaringan bertopologi bus dan jaringan bertopologi star.
Topologi ini memungkinkan pengembangan jaringan yang telah ada.
Keuntungan topologi tree ini adalah:
A. instalasi jaringan dari titik ke titik pada masing-masing segmen
B. didukung oleh banyak hardware dan software.

Akan tetapi, topologi tree juga memiliki kekurangan, yaitu:
A. panjang segmen dibatasi oleh tipe kabel yang digunakan
B. jika jaringan utama rusak, maka keseluruhan segmen ikut rusak
C. sulit dikonfigurasi, termasuk sistem pengkabelannya.

--------------------------------------------------------

Topologi bus atau linier - Topologi ring (cincin) - Topologi star (bintang) - Topologi tree (pohon) - Topologi mash (web)

--------------------------------------------------------

Topologi star (bintang)


Gambar 2.41 Topologi star
Pada jaringan bertopologi star atau bintang, setiap komputer terkoneksi ke jaringan melalui sebuah hub atau konsentrator.Semua data akan melewati konsentrator tersebut sebelum dikirim ke tujuan.Fungsi hub atau konsentrator adalah mengatur dan mengendalikan keseluruhan fungsi jaringan.Selain itu,hub juga berfungsi sebagai repeater atau penguat sinyal.
Keuntungan menggunakan topologi star adalah:
A. infrastrukturnya relatif mudah dibangun
B. jika terjadi kerusakan pada salah satu titik jaringan, koneksi jaringan secara keseluruhan tidak terganggu
C. kesalahan atau kerusakan yang terjadi mudah dideteksi.
Kekurangan topologi star adalah:
A. pemakaian kabel relatif lebih banyak dibandingkan dengan topologi bus
B. jika hub rusak maka seluruh jaringan yang terhubung melewati hub tersebut akan terganggu
C. biaya pembangunnya relatif lebih mahal dibandingkan topologi bus.

--------------------------------------------------------

Topologi bus atau linier - Topologi ring (cincin) - Topologi star (bintang) - Topologi tree (pohon) - Topologi mash (web)

--------------------------------------------------------

Topologi ring (cincin)


Gambar 2.40 Topologi ring
Jaringan dengan topologi ring atau cincin, menghubungkan beberapa computer dimana ujung-ujung jaringan tersebut dipertemukan kembali sehingga membentuk lingkaran. Pada topologi ring, ada sebuah komputer yang berfungsi sebagai token atau kendaraan yang akan mengantarkan data.
Token ini akan mengantarkan data melalui media transmisi hingga sampai ke tujuan.
Dalam topologi ring kemunginkan terjadinya collision (tumbukan data) dapat dihilangkan.
Hanya saja,biaya untuk membangun jaringan dengan topologi ini relatif lebih mahal.
Selain itu,tingkat kesulitan untuk memelihara dan memperbaiki jaringan relatif tinggi.

--------------------------------------------------------

Topologi bus atau linier - Topologi ring (cincin) - Topologi star (bintang) - Topologi tree (pohon) - Topologi mash (web)

--------------------------------------------------------

Topologi jaringan

Ada beberapa topologi (bentuk) yang diterapkan pada jaringan komputer, yaitu:

A. Topologi bus atau linier
B. Topologi ring (cincin)
C. Topologi star (bintang)
D. Topologi tree (pohon)
E. Topologi mash (web)
Topologi bus atau linier


Gambar 2.39 Topologi bus
Topologi bus,banyak digunakan untuk jaringan yang ruang lingkupnya kecil.

Jaringan bertopologi bus biasanya menggunakan kabel koaksial berikut konektornya.Alur kerja jaringan bertopologi bus dapat dijelaskan sebagai berikut;

Sebelum kartu jaringan mengirim data, ia akan terlebih dahulu melihat kepadatan trafik atau lalu lintas jaringan.Data akan dikirim dalam antrian jika kondisi trafik kosong. Hal itu dilakukan untuk menghindari terjadinya collision atau tabrakan data yang mengakibatkan data tidak sampai ke tujuan.

Topologi bus memiliki kelebihan, yaitu infrastrukturnya sederhana dan hemat kabel.Namun topologi bus juga memiliki kekurangan, yaitu:

A. jika terjadi kerusakan pada salah satu komputer saja, seluruh semua jaringan akan mati
B. membutuhkan terminator pada kedua ujung kabel utama
C. jika terjadi kerusakan, sangat sulit menemukan titik kerusakan
D. tidak dapat digunakan untuk jaringan skala besar.

Jaringan komputer berdasarkan area atau luas wilayah

Berdasarkan area atau luas wilayah, jaringan komputer dibedakan menjadi tiga, yaitu:

# - LAN (Local Area Network)
# - MAN (Metropolitan Area Network)
# - WAN (Wide Area Network)
LAN atau Local Area Network adalah ;


Gambar 2.36 Local Area Network

jaringan komputer untuk area yang tidak begitu luas.
Batasan ukuran luas LAN adalah satu gedung.
Contoh LAN adalah jaringan yang terdapat di sekolah-sekolah yang menghubungkan komputer milik siswa, komputer milik guru dan komputer milik bagian administrasi. Didalam LAN kita dapat workgroup atau kumpulan dari beberapa komputer atau user yang melakukan sharing resources atau berbagi sumber daya.
Sebagai contoh, workgroup guru terdiri dari user guru1, guru2, guru3 dan seterusnya,
sedangkan workgroup siswa terdiri dari user siswa1, siswa2 dan seterusnya.
Penggunaan workgroup seperti ini akan memudahkan penanganan atau manajemen jaringan.

Manfaat penggunaan LAN adalah:

# - setiap user dapat melakukan pertukaran file (sharing file) secara mudah
# - setiap user dapat berbagi pakai printer (printer sharing)
# - setiap user dapat menyimpan data secara terpusat (file server)
# - setiap user dapat saling berkomunikasi menggunakan komputer.

MAN atau Metropolitan Area Network adalah ;


Gambar 2.37 Skema Metropolitan Area Network

jaringan komputer yang menghubungkan komputer-komputer dalam suatu kota.
Contoh jaringan ini adalah jaringan antar beberapa sekolah dalam satu kota.
Konsep MAN sama seperti LAN, yakni melakukan sharing resources atau berbagi pakai
sumber daya, hanya saja lingkupnya lebih luas.

WAN atau Wide Area Network adalah ;


Gambar 2.38 Skema Wide Area Network

jaringan komputer dengan cakupan geografis paling luas hingga menjangkau
pulau lain, negara lain, benua lain, bahkan luar angkasa.
WAN biasanya merupakan kumpulan dari sejumlah LAN dan MAN.

Contoh penerapan WAN adalah jaringan yang dimiliki bank berskala nasional

Misalnya ; Bank “A” yang berkantor pusat di Jakarta memiliki kantor cabang di Surabaya, Makasar, dan Denpasar. Bank “A” juga membuka cabang di luar negeri yakni
di Singapura, Malaysia, dan Filipina.

Di setiap cabang, bank tersebut memiliki kantor sendiri dengan sejumlah karyawan dan fasilitas lengkap termasuk ATM (Automatic Teller Machine).

Untuk mendapatkan informasi akurat transaksi keuangan dari seluruh cabang,
Bank “A” membuat jaringan komputer yang termasuk dalam kategori WAN.

Keuntungan penggunaan WAN adalah:

a. komputer server untuk pusat data dapat dibuat terpusat di satu lokasi

b. komunikasi antarkantor cabang dapat dilakukan menggunakan e-mail atau chatting yang lebih murah biayanya dibanding komunikasi telepon

c. dokumen dapat dikirim dalam bentuk surat elektronik sehingga mengurangi biaya dan kerumitan pengiriman dokumen melalui kantor pos.

Selasa, 12 Oktober 2010


Mengenal jaringan komputer

Jaringan komputer adalah kumpulan dua atau lebih komputer yang saling berhubungan untuk melakukan komunikasi data.
Hubungan antara dua komputer atau lebih tersebut dapat terjadi melalui media kabel maupun nirkabel (tanpa kabel).
Adapun data yang dikomunikasikan dapat berupa data teks, data suara, data gambar, atau data video.Sejarah jaringan komputer dimulai pada tahun 1940 di Amerika Serikat melalui proyek pengembangan komputer Model I di laboratorium Bell dan kelompok riset Harvard University yang dipimpin oleh Howard Aiken.
Saat itu, proyek tersebut hanya bertujuan untuk memanfaatkan sebuah perangkat computer sehingga dapat dipakai bersama.Pada tahun 1950, saat komputer mulai berkembang dan super komputer lahir, muncullahkebutuhan akan sebuah komputer yang mampu melayani banyak terminal.Kemudian ditemukanlah konsep TSS (Time Sharing System) atau sistem antrian.Pada tahun 1969, terbentuklah jaringan komputer pertama yang disebut ARPANET.
Manfaat atau keuntungan dibangunnya jaringan komputer adalah:
  • komputer-komputer yang saling terhubung dapat melakukan sharing file maupun sharing folder, yaitu pemakaian file atau direktori secara bersama-sama
  • dengan adanya penyimpanan file terpusat (file server), file atau data yang ada di server dapat saling dibagi
  • memungkinkan pemakaian aplikasi secara bersama-sama oleh multiuser
  • memudahkan kita membackup data (membuat data cadangan)
  • memungkinkan kita untuk mendapatkan data terbaru/terkini secara cepat

Ada tiga cara untuk mengelompokkan jenis jaringan komputer, yaitu:
1. jaringan komputer berdasarkan area atau luas wilayah
2. jaringan komputer berdasarkan topologi (bentuk) jaringan
3. jaringan komputer berdasarkan media transmisi

Periferal

Kartu jaringan (Network Interface Card)

Gambar 2.32 Kartu jaringan
NIC atau Network Interface Card adalah kartu jaringan yang berfungsi menghubungkan satu komputer dengan komputer lain.
Ada dua jenis kartu jaringan, yaitu kartu jaringan yang menyatu dengan mainboard (onboard) dan kartu jaringan yang harus ditambahkan
pada slot PCI yang terdapat pada mainboard.

Modem


Gambar 2.33 Modem eksternal
Modem berfungsi menghubungkan satu komputer ke komputer lain atau ke Internet melalui jalur telepon.
Modem yang merupakan singkatan dari modulator demodulator mampu mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog dan sebaliknya.
Pada umumnya, modem memiliki kecepatan 56 kbps.
Ada dua jenis modem yang banyak kita jumpai, yakni modem internal dan modem eksternal.
Modem internal adalah modem yang terpasang pada mainboard komputer di dalam kotak CPU, sementara modem eksternal adalah modem yang dihubungkan melalui port USB atau port serial dan terletak di luar kotak CPU.

Hub


Gambar 2.34 Hub
Hub atau disebut juga switch hub adalah sebuah alat yang digunakan sebagai terminal jaringan komputer yang menggunakan kabel UTP,
Jumlah port yang dimiliki hub bervariasi, mulai dari 8, 12, 16, 24 hingga 32 port. Semakin banyak port yang dimiliki suatu hub, semakin banyak pula computer yang dapat dihubungkannya.

UPS


Gambar 2.35 UPS
UPS atau Uninterupted Power Supply adalah sebuah alat yang berfungsi memberikan tenaga listrik cadangan pada saat listrik PLN tiba-tiba padam. Dengan UPS, computer masih akan tetap hidup selama beberapa saat ketika listrik padam sehingga kita berkesempatan menyimpan file dan mematikan komputer melalui prosedur yang benar.

Speaker


Gambar 2.31 Speaker
Speaker merupakan alat output audio. Fungsinya mengeluarkan suara dari pengolahan data audio yang terjadi di dalam komputer.
Saat ini, komputer tidak hanya berfungsi sebagai alat komputasi, namun juga menjadi media hiburan.
Tidak heran jika produk-produk speaker aktif untuk komputer memiliki kualitas suara yang bagus.

-----------------------------------------------------------------
Berikut ini contoh-contoh alat output
Monitor - Printer - Proyektor LCD - Speaker

-----------------------------------------------------------------

Proyektor LCD


Gambar 2.30 Proyektor LCD
Proyektor LCD adalah alat yang berfungsi menampilkan objek yang dihasilkan komputer ke bidang lain yang lebih besar, misalnya layar presentasi atau tembok.
Alat ini biasanya digunakan sebagai alat bantu saat presentasi dan rapat maupun sebagai media pembelajaran.
Selain dihubungkan ke komputer, alat ini dapat juga dihubungkan ke VCD/DVD player sehingga dapat difungsikan sebagai home theater.
Ukuran kekuatan sinar yang dipancarkan proyektor LCD proyektor biasanya dinyatakan dalam satuan ANSI lumens.
Semakin besar ANSI lumens, semakin tinggi pula intensitas cahaya yang dipancarkan suatu proyektor LCD.

-----------------------------------------------------------------
Berikut ini contoh-contoh alat output
Monitor - Printer - Proyektor LCD - Speaker

-----------------------------------------------------------------

Printer

Gambar 2.29 Printer
Printer adalah alat untuk menampilkan hasil pengolahan data dalam bentuk cetakan. Hasil cetakan dapat berupa teks, angka, maupun gambar. Ada tiga jenis printer yang saat ini beredar di pasaran, yakni printer dot matrix, printer inkjet, dan printer laser.
Printer dot matrix adalah jenis printer yang menggunakan pita dan alat tulisnya berupa jarum, mirip dengan mesin ketik. Meski printer ini sudah jarang digunakan, namun kalangan bisnis dan perkantoran masih banyak yang menggunakan karena hemat tinta dan dapat memghasilkan cetakan rangkap (misalnya untuk faktur dan kuitansi).
Printer inkjet adalah printer yang menggunakan tinta cair yang disemprotkan ke atas kertas sesuai pola yang ditentukan oleh komputer.
Printer laser adalah jenis printer yang menggunakan tinta serbuk, serupa dengan mesin fotocopy.
Tinta serbuk tersebut disemprotkan ke atas kertas dan dipanaskan hingga suhu tertentu agar melekat. Di antara ketiga jenis printer tersebut, printer laser memiliki kualitas cetakan yang paling baik. Ukuran kecepatan mencetak sebuah printer biasanya dinyatakan dalam satuan cps (character per second), lpm (line per minute) atau ppm (page per minute).

-----------------------------------------------------------------
Berikut ini contoh-contoh alat output
Monitor - Printer - Proyektor LCD - Speaker

-----------------------------------------------------------------

Alat Output

Informasi yang telah diproses oleh komputer ditampilkan kepada pengguna melalui alat output.
Beberapa alat output yang banyak digunakan dalam sistem komputer adalah
sebagai berikut.
Monitor


Gambar 2.28 Monitor LCD
Monitor adalah alat output utama dalam sistem komputer yang berfungsi menampilkan perintah maupun hasil pengolahan data secara langsung.
Dewasa ini kita mengenal dua jenis monitor, yakni monitor CRT (Cathode Ray Tube) dan monitor LCD (Liquid Crystal Display).
Jumlah warna yang mampu ditayangkan monitor bervariasi mulai 256 color, 16
bit color (high color) hingga 24 bit color (true color).
Monitor komputer umumnya memiliki refresh rate (kecepatan pergantian gambar) 60 Hz, 70 Hz, 72 Hz, 75 Hz dan 85 Hz.
Besar kecilnya refresh rate monitor dapat kita atur melalui sistem operasi komputer.

-----------------------------------------------------------------
Berikut ini contoh-contoh alat output
Monitor - Printer - Proyektor LCD - Speaker

-----------------------------------------------------------------

Senin, 11 Oktober 2010


Optical disk


Gambar 2.27 Optical disk
Optical disk atau yang sering disebut CD atau DVD merupakan media penyimpanan
berbentuk cakram berdiameter 120 mm dengan lubang berdiameter 15 mm di tengahnya.
Secara fisik, CD dan DVD sangatlah mirip.
Namun kapasitas penyimpanan data keduanya terpaut jauh.
CD hanya mampu menyimpan data hingga 700 MB, sedangkan DVD mampu menyimpan data hingga 4,7 GB, bahkan 17 GB.

-----------------------------------------------------------------
Berikut ini contoh-contoh alat simpan
Harddisk - CD/DVD-ROM - USB flashdisk - Disket - Optical disk

-----------------------------------------------------------------

Disket


Gambar 2.26 Disket
Disket merupakan media penyimpanan data yang terbuat dari cakram magnetik lentur
(floopy).
Kapasitasnya yang kecil, yakni 1,44 MB, membuat disket tidak banyak lagi digunakan pada masa kini, kecuali untuk beberapa keperluan khusus.

-----------------------------------------------------------------
Berikut ini contoh-contoh alat simpan
Harddisk - CD/DVD-ROM - USB flashdisk - Disket - Optical disk

-----------------------------------------------------------------

USB flashdisk


Gambar 2.25 USB flashdisk
Media penyimpanan USB flashdisk lebih populer disebut flashdisk.
Bentuknya kecil dengan port USB di ujungnya untuk menghubungkan diri dengan komputer.
Kapasitas penyimpanan data sebuah flashdisk cukup besar, mulai dari ratusan megabyte hingga beberapa gigabyte.
Ukuran yang kecil dan sifatnya yang mudah dibawa membuat flashdisk menjadi peralatan wajib bagi pengguna komputer yang harus sering memindahkan data.

-----------------------------------------------------------------
Berikut ini contoh-contoh alat simpan
Harddisk - CD/DVD-ROM - USB flashdisk - Disket - Optical disk

-----------------------------------------------------------------

CD/DVD-ROM


Gambar 2.24 DVD ROM
CD/DVD-ROM adalah alat yang digunakan untuk membaca cakram CD atau DVD. Pada awalnya, alat ini hanya bisa membaca data saja.
Perkembangan teknologi membuat CD/DVD drive dapat menulis atau merekam data pada cakram CD atau DVD.
CD-ROM atau DVD-ROM yang sanggup menulis ke cakram CD/DVD disebut CD writer atau DVD writer.
Secara fisik antara Cdrom dengan DVDrom sama.
Hanya saja kemampuannya yang berbeda.
DVDrom sanggup membaca data cakram cd, namun sebaliknya Cdrom tidak sanggup membaca cakram DVD.

-----------------------------------------------------------------
Berikut ini contoh-contoh alat simpan
Harddisk - CD/DVD-ROM - USB flashdisk - Disket - Optical disk

-----------------------------------------------------------------

Alat Simpan

Harddisk

Gambar 2.23 Harddisk/harddrive
Harddisk atau harddrive adalah media penyimpanan yang terletak di dalam kotak CPU. Alat ini memiliki piringan keras yang terbuat dari logam di dalamnya sehingga disebut cakram keras.
Harddisk diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson, pada 1956.
Pada saat itu hardisk terdiri dari 50 piringan dengan ukuran 0,6 meter, memiliki kecepatan 1.200 rpm (rotation per minutes) dan kapasitas 4,4 MB (4,4 juta byte). Kapasitas yang terbilang sangat kecil untuk ukuran saat ini.
Perkembangan hardisk begitu pesat.
Dari ukuran 0,6 meter menjadi hanya 0,6 centimeter, dari kapasitas 4,4 MB, kini sudah mencapai 1 TB (terabyte atau 1 trilyun byte) dengan kecepatan hingga 10.000 rpm.
Saat ini hardisk tidak hanya ditempatkan di dalam kotak CPU, tetapi juga dijadikan external drive dengan koneksi USB atau Firewire.

-----------------------------------------------------------------
Berikut ini contoh-contoh alat simpan
Harddisk - CD/DVD-ROM - USB flashdisk - Disket - Optical disk

-----------------------------------------------------------------

Kartu suara (sound card)


Gambar 2.22 Kartu suara (sound card)
Kartu suara atau sound card adalah komponen komputer yang berfungsi mengolah suara. Alat ini dapat digunakan sebagai alat input, alat proses atau alat output.
Kualitas suara yang dihasilkan oleh komputer ditentukan oleh mutu kartu suara yang terdapat di dalamnya.

-----------------------------------------------------------------
Berikut ini contoh-contoh alat proses
Prosessor , RAM (Random Access Memory), Mainboard , Kartu VGA (Video Graph Array), Kartu suara (sound card)

-----------------------------------------------------------------

Kartu VGA (Video Graph Array)


Gambar 2.21 Kartu VGA
Kartu VGA atau VGA card adalah komponen komputer yang berfungsi menghubungkan mainboard dengan monitor.
Alat ini berfungsi memproses tampilan pada layar monitor.
Besar kecilnya resolusi dan ketajaman warna yang ditampilkan monitor, selain ditentukan oleh monitor juga sangat ditentukan oleh kartu VGA.
Kartu VGA dilengkapi dengan memori yang besarnya bervariasi mulai dari 512MB hingga lebih dari 1GB.

-----------------------------------------------------------------
Berikut ini contoh-contoh alat proses
Prosessor , RAM (Random Access Memory), Mainboard , Kartu VGA (Video Graph Array), Kartu suara (sound card)

-----------------------------------------------------------------

Mainboard


Gambar 2.20 Mainboard
Mainboard merupakan papan elektronik untuk meletakkan berbagai macam komponen komputer seperti prosessor, RAM, dan komponen lain.
Meskipun mainboard tidak secara langsung tergolong sebagai alat proses, namun keberadaannya sangat penting dalam komputer.
Fungsi mainboard antara lain mengorganisasikan, mengatur dan menentukan alat yang terpasang pada komputer.
Chipset dan program BIOS yang terdapat pada mainboard berfungsi untuk mengatur dan mengkomunkasikan data maupun informasi yang diproses di komputer.

-----------------------------------------------------------------
Berikut ini contoh-contoh alat proses
Prosessor , RAM (Random Access Memory), Mainboard , Kartu VGA (Video Graph Array), Kartu suara (sound card)

-----------------------------------------------------------------

RAM (Random Access Memory )


Gambar 2.19 RAM atau Random Access Memory
RAM adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses seketika tanpa mempedulikan letak data tersebut dalam memori.
Ini berlawanan dengan sequential memory (memori urut), seperti pita magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari memori tipe ini memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.
Ada beberapa tipe RAM yang digunakan dalam sistem komputer modern, yaitu SRAM (Static RAM), DRAM (Dynamic RAM), NVRAM (Non-Volatile RAM), dan DDR RAM (Double Data Rate RAM).
Kapasitas memori bervariasi, mulai dari 512 MB, 1 GB, 2 GB hingga 4GB.

-----------------------------------------------------------------
Berikut ini contoh-contoh alat proses
Prosessor , RAM (Random Access Memory), Mainboard , Kartu VGA (Video Graph Array), Kartu suara (sound card)

-----------------------------------------------------------------

Prosessor


Gambar 2.18 Prosessor
Processor adalah alat utama yang berfungsi mengolah data secara digital.
Prosessor sering dijuluki otak komputer.
Perkembangan komputer tidak terlepas dari perkembangan prosessor dari tahun ke tahun. Bahkan seri komputer dikendalikan oleh seri prosessor keluaran terbaru.
Di Indonesia, kita mengenal beberapa merek prosessor, di antaranya
Intel, AMD (Advanced Micro Device), PowerPC, dan Cyrix.

-----------------------------------------------------------------
Berikut ini contoh-contoh alat proses
Prosessor , RAM (Random Access Memory), Mainboard , Kartu VGA (Video Graph Array), Kartu suara (sound card)

-----------------------------------------------------------------

Alat Proses

Proses kerja komputer merupakan satu rangkaian kerjasama antar beberapa komponen.
Kinerja komputer tidak ditentukan atau didominasi oleh suatu alat, namun paduan dari sejumah komponen.
Di bawah ini adalah alat-alat proses yang digunakan oleh komputer untuk mengolah data.
-----------------------------------------------------------------

Berikut ini contoh-contoh alat proses

Prosessor - RAM (Random Access Memory) - Mainboard - Kartu VGA (Video Graph Array) - Kartu suara (sound card)

-----------------------------------------------------------------

Minggu, 10 Oktober 2010


Kamera foto


Gambar 2.17 Kamera digitalSebagian besar kamera foto yang beredar saat ini merupakan kamera digital. Kamera digital lebih mudah digunakan karena tidak menggunakan kertas film. Pengguna dapat mengambil gambar sebanyak-banyaknya tanpa perlu takut gagal, karena gambar yang buruk dengan mudah dapat dihapus. Di samping itu, file foto digital lebih mudah dipindah dan diolah menggunakan komputer.


-----------------------------------------------------------
Berikut ini contoh-contoh alat input.
Keyboard,Mouse,Joystick,Trackball,Scanner,Barcode reader,Mikrofon,Touch screen,Kamera video,Kamera foto

-----------------------------------------------------------

Kamera video


Gambar 2.16 CamcorderKamera video atau sering disebut camcorder, adalah alat untuk merekam objek bergerak hingga menjadi file video atau film. Camcorder termasuk alat input.
Hasil rekaman dapat ditransfer ke komputer dan diolah dengan perangkat lunak khusus. Hasilnya kemudian dapat kita salin ke cakram CD atau DVD.

-----------------------------------------------------------
Berikut ini contoh-contoh alat input.
Keyboard,Mouse,Joystick,Trackball,Scanner,Barcode reader,Mikrofon,Touch screen,Kamera video,Kamera foto

-----------------------------------------------------------

Touch screen


Gambar 2.15 Touch screen Touch screen atau layar sentuh adalah alat masukan yang memungkinkan kita memasukkan data maupun instruksi ke komputer melalui sentuhan. Anda dapat menjumpai touch screen di tempat-tempat umum yang menyediakan informasi untuk umum atau di mesin ATM.

-----------------------------------------------------------
Berikut ini contoh-contoh alat input.
Keyboard,Mouse,Joystick,Trackball,Scanner,Barcode reader,Mikrofon,Touch screen,Kamera video,Kamera foto

-----------------------------------------------------------

Mikrofon


Gambar 2.14 MicMikrofon berfungsi untuk memasukkan data berbentuk suara ke dalam komputer. Alat ini harus kita hubungkan ke kartu suara (soundcard) agar dapat menerima input berupa suara.
Dengan bantuan perangkat lunak tertentu, input suara tersebut dapat kita edit dan kita simpan di komputer.


-----------------------------------------------------------
Berikut ini contoh-contoh alat input.
Keyboard,Mouse,Joystick,Trackball,Scanner,Barcode reader,Mikrofon,Touch screen,Kamera video,Kamera foto

-----------------------------------------------------------

Barcode reader


Gambar 2.12 Barcode







Gambar 2.13 Barcode reader
Barcode reader adalah alat yang bekerja seperti scanner, yakni memindai barcode sehingga barcode tersebut dapat dibaca oleh komputer. Bentuk barcode dapat Anda lihat pada Gambar 2.12.
Untuk membaca barcode semacam itu, kita memerlukan barcode reader seperti yang terlihat pada Gambar 2.13.

-----------------------------------------------------------
Berikut ini contoh-contoh alat input.
Keyboard,Mouse,Joystick,Trackball,Scanner,Barcode reader,Mikrofon,Touch screen,Kamera video,Kamera foto

-----------------------------------------------------------

Scanner


Gambar 2.11 Scanner Scanner adalah alat untuk memindai atau menyalin dokumen tercetak seperti gambar, foto, atau tulisan menjadi data digital yang dapat diproses oleh komputer.

-----------------------------------------------------------
Berikut ini contoh-contoh alat input.
Keyboard,Mouse,Joystick,Trackball,Scanner,Barcode reader,Mikrofon,Touch screen,Kamera video,Kamera foto

-----------------------------------------------------------

Trackball


Gambar 2.10 Trackball Trackball memiliki fungsi sama seperti joystick, yaitu untuk memasukkan perintah pada saat kita memainkan game komputer. Pada alat ini terdapat bola berukuran cukup besar, sehingga mudah digerakkan saat bermain game.


-----------------------------------------------------------
Berikut ini contoh-contoh alat input.
Keyboard,Mouse,Joystick,Trackball,Scanner,Barcode reader,Mikrofon,Touch screen,Kamera video,Kamera foto

----------------------------------------------------------

Joystick


Gambar 2.9 Joystick Joystick digunakan untuk memasukkan perintah pada saat kita menjalankan game komputer. Bentuk joystick menyerupai sebuah tongkat yang dapat kita gerakkan ke beberapa arah, dan dilengkapi dengan tombol-tombol di bagian atas.


-----------------------------------------------------------
Berikut ini contoh-contoh alat input.
Keyboard,Mouse,Joystick,Trackball,Scanner,Barcode reader,Mikrofon,Touch screen,Kamera video,Kamera foto

----------------------------------------------------------

Mouse


Gambar 2.8 MouseMouse sangat penting peranannya dalam sistem komputer yang berbasis GUI (Graphical User Interface),antarmuka yang terdapat pada sebagian besar komputer masa kini. Mouse digunakan sebagai alat untuk menunjuk dan menjalankan perintah pada menu-menu yang tampak pada layar monitor. Alat ini memiliki dua tombol klik dan satu tombol scroll. Tombol kiri biasanya digunakan sebagai tombol perintah, sedangkan tombol kanan digunakan sebagai tombol shortcut. Tombol scroll digunakan untuk menggulung layar sehingga kita dapat berpindah halaman secara cepat.

-----------------------------------------------------------
Berikut ini contoh-contoh alat input.
Keyboard,Mouse,Joystick,Trackball,Scanner,Barcode reader,Mikrofon,Touch screen,Kamera video,Kamera foto

----------------------------------------------------------

Keyboard


Keyboard adalah perangkat input berbentuk papan ketik yang memiliki tuts atau tombol huruf, tombol angka, tombol karakter khusus, dan tombol fungsi. Keyboard merupakan alat input utama dalam sistem komputer karena hampir semua instruksi komputer dapat kita inputkan melalui keyboard. Ada beberapa jenis keyboard yang biasa kita temui, antara lain : keyboard 83 tombol, 101 tombol, 102 tombol, 104 tombol, dan 109 tombol.

-----------------------------------------------------------
Berikut ini contoh-contoh alat input.
Keyboard,Mouse,Joystick,Trackball,Scanner,Barcode reader,Mikrofon,Touch screen,Kamera video,Kamera foto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar